Powered by Blogger.

Saturday, April 2, 2011

Korea Selatan Berhasil Mengembangkan Bus Listrik Komersial Pertama Di Dunia


http://2.bp.blogspot.com/_GlU46duzQ4Q/TEcHHYsPilI/AAAAAAAAAII/Rh4pkQznyhY/s400/1278375537st_100705_l.jpg

Tidak berbeda dengan kebanyakan bus yang ada di dunia, akan tetapi pejabat kota Seoul, Korea Selatan, mengatakan, bahwa layanan bus listrik komersial ini, tidak dapat ditemukan di tempat lain di dunia saat ini.


Juru bicara Cho Yoonjin, Staf Pemerintah Metropolitan Seoul, mengatakan, ini prestasi besar. "Kota-kota lain di seluruh dunia telah mengembangkan bus listrik, tetapi sebagian besar digunakan untuk acara tertentu. Sedangkan bus listrik yang kami kembangkan adalah untuk operasi komersial, dan kami percaya ini adalah yang pertama kalinya di dunia," jelasnya.

Lima bus listrik telah beroperasi pada tiga rute di sekitar gunung Namsan, di pusat kota Seoul. Bus ini terbuat dari serat karbon yang kuat dan ringan. Mesinnya dijalankan dengan baterai lithium-ion berkapasitas tinggi.

Satu kali pengisian mampu menempuh 80 kilometer, dalam waktu 30 menit. Pada jalan yang menurun, bus ini dapat menggunakan kembali tenaga yang dihasilkan dari rem.

Sopir bus listrik, Yoo-Tae Soo, memberikan pendapatnya,"Untuk rute panjang, harus sering diisi ulang. Waktu pengisian mestinya dipersingkat. Namun, ini sangat positif untuk konsep ramah lingkungan."

Komentar salah seorang penumpang, Cho Hyun-Hee,"Saya belum terbiasa dengan bus listrik, tapi rasanya tak banyak perbedaan dibandingkan dengan bus biasa dalam hal kenyamanannya."

Petugas transportasi Seoul berencana untuk mengganti setengah dari bus diesel, dengan versi listrik ini pada tahun 2020. Suatu terobosan yang luar biasa tentunya. Bagaimana dengan Indonesia? (",)v

0 comments:

Post a Comment

  ©The Best Otomotif - Todos os direitos reservados.

Template by The Best Otomotif | Kopler